Guest Book

[Pasang Widget] | [tutup]

Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari






Akibat dari bumi mengelilingi matahari dan bulan mengelilingi bumi maka akan terjadi gerhana bulan dan gerhana matahari. Apakah beda gerhana bulan dan gerhana matahari? Bagaimana posisi dari bumi, bulan, dan matahari jika terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari? Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut!



1.     Gerhana Bulan
Pernahkah kamu melihat gerhana bulan? Kapan gerhana bulan dapat dilihat? Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama.
Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus. Kedudukan bumi berada di antara bulan dan matahari. Kamu dapat melihat posisi gerhana bulan pada Gambar 9.22.
 
Sumber : starryskies.com 
 Gambar 9.22 Gambar Gerhana Bulan

Pada waktu gerhana bulan, cahaya matahari yang seharusnya diterima bulan terhalangi bumi sehingga bulan berada dalam bayang-bayang bumi. Bayang-bayang bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra
Sumber: www.air-and-space.com
Ada dua macam gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi bulan berada pada umbra bumi sehingga bulan tertutup penuh oleh bayangan bumi. Adapun gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian bulan masuk ke dalam umbra bumi. Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra bumi. Untuk lebih jelasnya, amatilah Gambar 9.23.

2.    Gerhana Matahari
Pernahkah kamu melihat gerhana matahari? Kapan gerhana matahari dapat dilihat? Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan
mati. Gerhana Matahari terjadi ketika kedudukan bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus, kedudukan bulan berada di antara bumi dan matahari.
Kamu dapat melihat posisi gerhana matahari pada gambar 9.24


Gerakan Bumi dan Bulan juga menyebabkan terjadinya gerhana matahari. Gerhana matahari terjadi karena bayangan bulan jatuh mengenai bumi. Gerhana ini terjadi saat bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus. Hal ini menyebabkan cahaya Matahari yang seharusnya menuju Bumi terhalang oleh Bulan. Permukaan Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari.
Sumber: www.starynight.com
Gambar Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari pada siang hari terhalang oleh bulan sehingga keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Jika terjadi gerhana matahari maka bayangan bulan akan mengenai bumi. Oleh karena bulan lebih kecil maka jika terjadi gerhana matahari hanya dapat dilihat di tempat-tempat tertentu saja. Tahukah Kamu? Gerhana matahari total hanya muncul satu kali setiap 360 tahun di tempat yang sama. Namun, setiap tahun dapat terjadi beberapa gerhana matahari. Gerhana matahari dibagi tiga, yaitu gerhana matahari total, sebagian, dan cincin.

a.    Gerhana matahari total
Gerhana matahari total disebut juga gerhana matahari sempurna. Gerhana matahari total terjadi ketika bayangan inti (umbra) Bulan jatuh ke Bumi. Gerhana ini hanya terjadi di daerah permukaan Bumi yang terkena bayangan inti Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.

b.    Gerhana matahari sebagian
Gerhana matahari sebagian terjadi, ketika Bumi berada pada daerah bayangan penumbra Bulan. Pada saat kejadian ini, masih ada bagian matahari yang terlihat terang. Waktu berlangsungnya gerhana matahari sebagian lebih lama daripada waktu berlangsungnya gerhana Matahari total. Hal ini karena bayangan penumbra lebih luas daripada bayangan inti.

c.    Gerhana matahari cincin
Gerhana ini terjadi ketika jarak bayangan bulan ke permukaan bumi berada di titik terjauhnya. Akibatnya, bayangan inti Bulan tidak dapat mencapai Bumi. Gerhana ini terjadi pada permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena bulan berada pada titik terjauhnya dari bumi.Saat itu Matahari bercahaya berbentuk seperti cincin, sedangkan di bagian tengahnya kelihatan kabur.
Sumber: google.com
Gambar Gerhana Matahari Cincin


Untuk memperjelas materi ini silahkan lihat video di bawah ini!

Demikian penjelasan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Referensi: 


Priyono, Amin. dkk., Ilmu Pengetahuan Alam 6 : untuk SD dan MI Kelas VI, 2009, Pusbuk Depdiknas.
Sularmi, Sains 6 : Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas VI, 2009, Pusbuk Depdiknas.
Rositawaty, S. Senang belajar ilmu pengetahuan alam 6: untuk Kelas VI Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. 2009, Pusbuk Depdiknas.
https://www.youtube.com/watch?v=_6tWZa9DDgk
Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari Reviewed by Masikem een ende on Rabu, Maret 07, 2018 Rating: 5

2 komentar:

  1. Bisa di jelaskan lebih detai tengtang banyangn umbra dan panumbra

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat. Saya memiliki artikel terkait, silahkan kunjungi web berikut
    http://news.unair.ac.id/2016/03/08/lindungi-mata-gerhana-matahari/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.