Guest Book

[Pasang Widget] | [tutup]

Benua-benua di Dunia





Bumi yang kita tinggali terdiri atas daratan dan lautan. Daratan yang luas disebut benua. Ada berapa benua yang ada di bumi kita? Tahukah kalian kalau dulunya hanya ada satu benua yang disebut Pangea dan satu laut yaitu Laut Tetheys. Pangea inilah yang kemudian pecah menjadi banyak benua dan pulau-pulau. Perhatikan gambar peta di bawah ini! Apabila kalian perhatikan garis pantai Benua Amerika bagian timur, bila ditempelkan dengan garis pantai Benua Eropa dan Afrika bagian barat maka akan pas (bersambung), seperti robekan kertas.

Apa itu benua? Benua  adalah dataran yang sangat luas. Benua yang satu dengan yang lain umumnya dipisahkan oleh samudra. Ada berapakah benua yang ada di dunia ini? Ada beberapa pendapat mengenai benua yang ada di bumi ini. Ada yang berpendapat bahwa bumi terdiri atas tujuh benua. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika. Sebagian orang menganggap di bumi ada enam benua, bukanlah tujuh benua. Anggapan ini tidak salah. Mereka membagi bumi menjadi Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Eurasia, Australia (Oceania), dan Antartika. Eurasia adalah gabungan Benua Asia dan Eropa. Sebagian lagi ada yang berpendapat benua di bumi terdiri atas Benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, Australia (Oceania), dan Antartika. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dianggap satu, yaitu Benua Amerika. Bila kamu menganggap bumi terbagi menjadi enam benua pun juga tidak salah karena secara umum, permukaan bumi dibagi atas 6 benua, yaitu benua Asia, Eropa, Australia, Afrika, dan Australia.

Sebagian besar benua masih saling berhubungan. Hanya Benua Australia dan Antartika yang benar-benar terpisah dari benua lain. Seluruh wilayah Benua Australia dan Antartika dikelilingi samudra. Benua Asia dan Afrika dihubungkan oleh Tanah Genting Suez. Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan dihubungkan oleh Tanah Genting Panama. Asia dan Eropa sebenarnya satu benua yang disebut Eurasia. Kedua benua terpisah karena alasan budaya dan sejarah.





Bumi dikelilingi oleh samudra dan laut. Ada 4 Samudra yang menjadi penghubung antarbenua. Samudra tersebut adalah Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik. Samudra Pasifik menghubungkan antara Benua Asia dan Benua Australia dengan Benua Amerika. Samudra Atlantik menghubungkan antara Benua Amerika dengan Benua Eropa dan Benua Afrika. Samudra Hindia menghubungkan antara Benua Afrika, Benua Asia, dan Benua Australia dengan Kutub Selatan. Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.

Mari teman-teman kita bahas ciri utama tiap benua yang ada di bumi.
1.    Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terluas di dunia. Luasnya lebih dari 44,5 juta km Wilayah Benua Asia bagian barat menyatu dengan wilayah Benua Eropa. Kedua wilayah dibatasi oleh batas alam, yaitu Pegunungan Ural dan Kaukasus, Sungai Ural dan Emba, serta Laut Hitam dan Kaspia. Secara geografi, Asia Utara (wilayah Serbia) termasuk benua Asia. Namun, secara administratif merupakan wilayah Rusia yang masuk ke dalam Benua Eropa.

Bentang alam benua Asia sangat bervariasi. Di benua Asia ditemukan Puncak tertinggi di dunia yaitu Mount everest (8848 m) di Pegunungan Himalaya dan titik terendah di Laut Mati, Yordania. Gurun terluas di benua Asia yaitu Gurun Gobi. Penduduk Asia terdiri atas rumpun Mongoloid, kaukasoid, dan Negroid. Keajaiban dunia di Asia, yaitu Ka’bah (Arab Saudi), The Great Wall (Cina), Candi Borobudur (Indonesia), Angkor Wat (Bangkok), dan Taj Mahal (India)

2.    Benua Afrika
Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Luas Benua Afrika lebih dari 30 juta km. Wilayah benua ini menempati seperlima luas daratan di permukaan bumi. Penduduk asli benua Afrika adalah suku bangsa Negro yang berambut keriting dan berkulit hitam. Benua Afrika disebut juga Benua Hitam. Hal ini karena sebagian besar penduduknya berkulit hitam.

Sama halnya dengan Benua Asia, Benua Afrika juga memiliki bentang alam yang bervariasi. Bila kamu amati pada peta, bentuk Benua Afrika tampak seperti sepatu bot. Wilayah di bagian utara lebih lebar dibanding bagian tengah dan selatan. Benua Afrika terletak di sebelah selatan Benua Eropa dan Asia. Semenanjung Sinai dan Laut Merah memisahkan Benua Afrika dan Asia. Di semenanjung ini terdapat Terusan Suez.

Di bagian timur benua terdapat lembah. Salah satu lembah yang terkenal adalah Retak Besar (Great Rift Valley). Lembah tersebut memanjang dari Suriah, Jordania, melalui Laut Merah sampai ke Sungai Shire. Di daerah lembah terdapat danau-danau penting di Afrika, yaitu Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Malaus, dan Danau Turkana. Di daerah Lembah Retak Besar juga terdapat rangkaian gunung api. Puncak tertinggi dari rangkaian gunung api tersebut adalah Gunung Kilimanjaro (5895 m)  yang merupakan gunung tertinggi di Benua Afrika yang terdapat di negara Tanzania. Di benua Afrika terdapat gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara yang ada di Afrika bagian utara dan sungai Nill, sungai terpanjang di dunia juga ada di benua Afrika.
Bangunan buatan manusia yang paling terkenal di Afrika terdapat di Mesir, yaitu Piramida dan Spinx


3.    Benua Eropa
Benua Eropa secara fisik menyatu dengan Benua Asia. Wilayah Benua Eropa sebenarnya merupakan gabungan beberapa semenanjung, yaitu Semenanjung Skandinavia, daratan utama Eropa Balkan, Iberia, dan Italia. Benua Eropa dan Afrika dibatasi Laut Mediterania (Laut Tengah). Bangunan yang terkenal adalah Istana Paus di Vatikan, Menara Pisa, dan Colloseum di Italia


4.    Benua Amerika
Luas Benua Amerika kurang lebih 42.188.568 km2. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83o 07’ LU – 56o LS dan antara 34o 45’ BB – 172o27’
BT. Benua Amerika tidak memiliki batas daratan.

Puncak tertinggi di Benua Amerika adalah Gunung Aconcagua. Gunung ini termasuk rangkaian Pegunungan Andes. Sungai terbesar di dunia yaitu sungai Amazon yang ada di Negara Brazil. Lembah Amazon merupakan kawasan hutan tropis terbesar di dunia.  Penduduk asli Benua Amerika terdiri dari orang Indian dan Eskimo.

Bangunan buatan manusia yang populer adalah Gedung Putih (Istana Presiden AS), Gedung PBB New York, dan Patung Liberty.

5.    Benua Australia
Benua Australia mudah dikenali pada peta karena letaknya menyendiri. Wilayah Benua Australia berada di belahan bumi selatan. Benua Australia disebut Terra Australis Incognita, artinya daerah di selatan yang tidak diketahui. Pada tahun 1688, seorang penjelajah Inggris bernama William Dampies menemukan Australia. Selanjutnya pada tahun 1770, James Cook menyatakan bahwa Australia menjadi bagian dari Kerajaan Inggris. Kerajaan Inggris kemudian membangun penjara di benua tersebut. Daerah tempat pendirian penjara itu kini menjadi Kota SydneyRelief Benua Australia relatif rata dibanding benua lain. Di Australia bagian timur juga mengalir sungai terbesar di Australia, yaitu Sungai Murai.

Penduduk asli benua Australia adalah Suku Aborigin yang terkenal dengan senjata boomerangnya. Orang Eropa mulai berdatangan ke Australia sejak ditemukannya emas pada tahun 1851. Saat ini, jumlah penduduk keturunan Eropa lebih banyak daripada suku Aborigin. Daerah di Australia yang banyak dihuni suku Aborigin adalah Nothern Territory. Selain keturunan bangsa Eropa dan suku Aborigin, penduduk Australia ada yang merupakan keturunan orang Asia dan Timur Tengah.

6.    Benua Antartika

Benua Antartika mulai dikenal sejak abad ke-19. Benua ini ditemukan pertama kali pada tahun 1820-an. Roald Amundsen adalah orang yang pertama kali menginjakkan kaki di benua ini pada tahun 1911. Benua Antartika terletak di Kutub Selatan bumi dan merupakan tempat terdingin di bumi. Hampir seluruh wilayahnya tertutup salju.  Benua Antartika dapat dibagi menjadi Antartika Barat dan Timur. Kedua wilayah ter-gabung menjadi benua tunggal oleh lapisan es tebal. Sebagian kecil wilayah Antartika (<5%) tidak tertutup es,seperti puncak gunung, lembah kering, dan pantai. Danau Vostok, terbesar di Antartika. Puncak Vinsson Massif (5.140 meter), tertinggi di Antartika.

Wilayah Antartika beriklim kutub yang bersuhu sangat dingin. Tidak ada pemukim tetap di Benua Antartika, namun ada 29 negara memiliki stasiun riset yang umumnya selalu digunakan sepanjang tahun. Pada musim dingin, terdapat 1.000 orang penduduk di Antartika. Di musim panas, jumlah penduduk meningkat hingga mencapai sekitar 4.000 orang. Para  penduduk tersebut adalah wisatawan dan para peneliti. Benua ini merupakan satu-satunya benua yang tidak berpenduduk tetap.

Silahkan lihat video di bawah ini agar kamu lebih paham!

Sumber : dari berbagai sumber
Benua-benua di Dunia Benua-benua di Dunia Reviewed by Masikem een ende on Selasa, Maret 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.